UI Menjadi Best University In Indonesia Sejak 2016

Best university in indonesia

Universitas Indonesia (UI) sekarang ini menjadi Best university in Indonesia  dan menduduki rangking pertama di indonesia. Universitas tersebut telah berhasil menjadi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang turut diperhitungkan oleh Times Higher Education. Hal tersebut  bersamaan dengan 200 perguruan tinggi yang tersebar di 22 negara seluruh benua  Asia.

Sekarang ini UI berada di dalam kelompok 181-190 perguruan tinggi terbaik yang ada di Asia. Pemeringkatan yang diperoleh dari universitas tersebut didasarkan oleh Media Inggris Times Higher Education (THE). Rangking dari University  baru di rilis pada tahun 2016 pada hari selasa 21 juni 2016.

Sementara itu ada universitas terbaik yang hamper sejajar dengan UI yakni  berada di Singapura. Universitas tersebut menjadi rumah bagi dua perguruan tinggi terbaik di Asia yaitu National University of Singapore.  Sedangkan untuk Nanyang Technological University yang menduduki peringkat pertama dan kedua se-Asia juga hamper setara dengan UI.

Selain universitas yang sudah di sebutkan tadi Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang juga merupakan negara dengan perguruan tinggi terbanyak yang masuk ke dalam pemeringkatan THE. Universitas yang masuk THE  yaitu sebanyak 39 perguruan tinggi.

Lebih lanjut lagi, Taiwan dan Korea Selatan bersama-sama berhasil membawa sebanyak 24 perguruan tingginya. Sama halnya universitas tersebut sama dengan UI. Meskipun UI sekarang mendapat rangking terbaik di Indonesia, namun selain itu juga mendapat peringkat baik di asia seperti perguruan tinggi lain.

Selain UI dan perguruan tinggi yang lain Sejumlah negara tetangga Indonesia diantaranya Thailand berhasil memiliki 7 perguruan tinggi di dalam pemeringkatan THE Asia ini . Sementara dalam kategori ini Malaysia memiliki 4 perguruan tinggi yang masuk ke dalam list THE Asia University Ranking pada tahun 2016.

Metode yang digunakan untuk  pemeringkatan THE menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika pada setiap universitas. Selain hal itu Terdapat 5 kelompok besar indikator kinerja universitas yang dikalibrasi ulang untuk mencerminkan atribut sistem pendidikan tinggi yang ada  di Asia ini.

Demikian ulasan mengenai Best university in Indonesia. Sekian terimakasih semoga dapat menambah minat Anda untuk masuk UI.  

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *