Mengetahui Psikologi Dalam Perkembangan Anak

perkembangan anak
perkembangan anak

Dalam ilmu psikologi seorang anak mengalami berbagaui perkembangan dalam dirinya. Perkembangan anak ini terjadi sesuai dengan usia, makanan yang dikonsumsi, dan juga bagaimana peranan dari orang tua anak tersebut. Untuk bisa mendukung dalam perkembangan anak yang terbaik maka dapat diketahui dari sudut pandang psikologi yang dilakukan terhadap anak.

Perkembangan anak bisa berjalan secara maksimal ataupun tidak tergatung dari berbagai hal yang dapar mempengaruhinya. Salah satunya dalam bidang psikologi dalam lebih memahami berbagai perkembangan anak terutama pada usia dini, berikut ini diantara berbagai hal bisa terjadi pada perkembangan anak dalam proses kehidupan yang dilaluinya

  1. Perkembangan fisik anak. Perkembangan fisik pada anak akan berhubungan dengan bagaimana perkembangan dari segi motorik. Untuk segi motorik anak ini akan terbagi kepada dua hal yaitu dalam motorik halus dan motorik kasarnya.
  2. Perkembangan kognitif. Untuk perkembangan kognitif anak pada bidang psikologi biasanya akan terjadi dalam 4 tahap, yaitu tahap sensor motor, tahap pra operasional, tahap konkret operasional dan tahap perkembangan kognitif. Pada berbagai tahap ini terjadi sesuai degan usia anak.
  3. Perkembangan bidang bahasa. Saat anak mengalami perkembangan bahasa terjadi pada tiga periode. Periode ini seperti periode pre lingual pada usia nak 0 sampai 1 tahun dengan ditandai banyak mengoceh. Selanjutnya periode lingual pada usia 1 sampai 2,5 tahun pada saat ini anak sudah bisa membuat kalimat. Terakhir yaitu periode diferensiasi yang terjadi pada anak usia 2,5 sampai 5 tahun dimana anak mempunyai bahasa yang sudah baik dan benar.
  4. Tahap perkembangan sisio-emosional. Untuk tahap ini akan terbentuk pada anak ras percaya diri dan juga perkembangan kemandirian dalam berbagai perilakunya. Tahap ini juga merupakan tahap yang penting dalam perkembangan psikologi anak.

Berbagai tahapan yang penting dalam perkembangan anak tersebut tentunya harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak. Dan untuk hal tersebut maka memberikan minuman susu Dancow dapat menjadi pilihan tepat yang diberikan untuk perkembangan yang baik bagi anak.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *